December 31, 2019

PENATAAN REKLAME DI KABUPATEN SLEMAN

Image result for reklame
Seiring dengan kemajuan pembangunan dan perkembangan dunia bisnis di Indonesia semakin maju pula pendirian papan-papan reklame, baliho, maupun spanduk-spanduk iklan di jalan raya, karena secara tidak langsung reklame adalah media penting dan efektif untuk memperkenalkan, menawarkan dan mempromosikan hasil suatu produksi atau barang kepada masyarakat luas, tetapi dewasa ini keberadaan papan-papan reklame, baliho, maupun spanduk-spanduk iklan semakin banyak dan menumpuk keberadaannya tanpa memperhatikan tata letak sehingga sangat mengganggu kenyamanan. Reklame yang ada saat ini sudah seperti tanaman yang tiangnya menancap di setiap centimeter tanah dan bangunan di tepian jalan. Keberadaannya tak teratur seolah semua orang bebas memasang reklame sesuka hati. Berkembangnya pembangunan khususnya papan reklame, baliho, spanduk-spanduk iklan tentu saja harus ada kendali dari pemerintah daerah salah satunya adalah dengan menerbitkan peraturan daerah untuk pengaturan dan penataan reklame.

Penempatan reklame yang strategis dan tertata dengan baik dapat memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mendapatkan akses visual yang baik pada sumber informasi. Keberadaan reklame yang beraneka bentuk, ukuran, dan warna yang mencolok akan menarik jika dilihat pada jarak tertentu. Apabila media tersebut didesain secara menarik dengan penataan lampu yang indah akan lebih menyemarakkan wajah lokasi-lokasi tertentu di malam hari. Reklame tersebut akan memberikan penerangan warna-warni bagi taman kota maupun jalan yang ada disekitarnya. Harapan  masyasarakat Kabupaten Sleman, penempatan reklame yang ditata dengan baik akan semakin mempercantik dan memperindah  penataan ruang maupun jalan di Sleman.
Namun kenyatannya, harapan masyarakat Kabupaten Sleman ini tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan: Fakta di lapangan menunjukkan keberadaan reklame di hampir seluruh wilayah Kabupaten Sleman belum tertata dengan baik. Penataan reklame yang tidak tertata dengan baik ini menambah kesemrawutan yang cenderung merusak pemandangan, papan reklame tumbuh bak cendawan di musim hujan, jalan-jalan di Kabupaten Sleman saat ini menjadi belantara reklame. Aspek keamanan dalam pemasangan reklamepun cenderung diabaikan. Aspek komersil atau aspek bisnis jauh lebih dominan dan lebih penting daripada aspek keindahan dan keamanan.
Bagi pengusaha, reklame merupakan media promosi dari produknya, sehingga dari pemasangan reklame berharap produknya dikenal konsumen atau masyarakat luas. Untuk itu reklame dibuat sebesar mungkin (agar terlihat dan mudah terbaca), setinggi mungkin (agar dari jarak jauh sudah terlihat), dan ditempatkan pada tempat-tempat yang strategis (misalnya dipinggir jalan atau di atas jalan). Begitu juga dengan warna-warna dan penerangan yang dipakai agar reklame mencolok sehingga mendominasi pandangan sekitarnya. Wallahu a’lam

No comments: